Rabu, 21 Oktober 2015

Perbedaan Workgroup dan Domain pada windows


Menggunakan komputer berbasis sistem operasi Windows dalam sebuah jaringan memerlukan yang namanya domain dan juga group. Pada konfigurasi jaringan di Windows memang dikenal istilah yang namanya domain, workgroup.
istilah ini memang kerap sekali kita dengarkan dalam dunia jaringan, khususnya untuk topologi jaringan LAN. Untuk itu kita akan membahas satu persatu mengenai istilah – istilah group pada jaringan tersebut di bawah ini.

Domain
Domain merupakan client/server jaringan dimana semuanya perangkat dan keamanannya dikendalikan secara terpusat. Jadi, domain ini hanyalah berfungsi seperti host di mana terdapat satu admin yang mampu mengontrol semua domain (host) dan juga bisa menentukan domain atau PC yang mena yang memiliki hak akses tertentu. Pada konfigurasi domain hanya tedapat satu database untuk semua domain user. Jadi, semua data yang ada di dalam database tersebut bisa diakses oleh user yang sudah terdaftar.




Domain

Karakteristik dan akses domain :

  • Terdapat minimal satu PC yang bisa menjadi Admin, tergantung permission security. Dimana server ini mampu mengontrol dan mengendalikan secara penuh keamanan dan hak akses dari setiap user domain yang terdaftar.
  • Semua konfigurasi dipegang oleh admin, bahkan admin memiliki hak akses ke PC setiap user yang terdaftar.
  • Jika, user tersebut sudah memiliki domain sendiri, user tersebut bisa login ke PC manapun yang sudah terdaftar di jaringan.
  • Konfigurasi sangat terbatas untuk pengguna yang hanya terdaftar sebagai user biasa saja.
  • Dalam satu domain jumlah user bisa mencapai ribuan.
  • konfigurasi PC dalam domain bisa berada dalam satu jaringan yang sama. Artinya Anda bisa membuat jaringan sendiri tapi tetap terhubung ke satu server.

Workgroup
Workgroup merupakan jaringan antar komputer (peer to peer) biasanya workgroup ini digunakan untuk jaringan kecil (LAN). Jaringan memungkinkan setiap user komputer untuk saling mengakses file, printer, atau koneksi internet. User bebas mendaftar pada workgroup ini asalkan mereka masih dalam satu jaringan IP. Sistem admin atau konfigurasi dipegang oleh masing – masing user. Jadi, user tidak bebas untuk saling mengakses komputer masing – masing.



Workgroup

Karakteristik dan akses domain :

  • Tidak ada sistem admin. Tidak ada saling kontrol PC, semua pengaturan dipegang oleh masing – masing user.
  • Cara gabung workgroup hanya tergantung IP address workgroup tersebut. Jika, jumlah IPnya mencukupi, Anda bisa bergabung langsung, dengan menggunakan IP address dengan kelas dan subnetmask yang sama.
  • Hanya digunakan untuk jaringan kecil (LAN)
  • Tidak ada password dalam workgroup

Sumber

Bagikan

Jangan lewatkan

Perbedaan Workgroup dan Domain pada windows
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.